Khasiat Bungur Kecil Bagi Kesehatan

Bungur Kecil

Khasiat Bungur Bagi Kesehatan Tubuh-, Memiliki nama latin Lagerstroemia Indica L merupakan tanaman yang berasal dari Negara Asia bagian timur yaitu Jepang dan China. Bungur kecil ini masih sama halnya dengan bungur besar, Hanya yang membedakan adalah pada pemanfaatannya saja.

Nama bungur sendiri diambil dari bahasa sunda dari warna ungu. Kenapa demikian? Karena warna ungu yang menjadi warna khas dari bunga tanaman tersebut makanya nama bungur pun diberikan pada tanaman tersebut. Ukuran tanaman bungur kecil ini memang lebih mini dari tanaman bungur pada umumnya.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Baru Cina Bagi Kesehatan Tubuh

Karena memang ukurannya yang lebih simpel, seringkali tanaman ini digunakan sebagai tanaman yang menghiasi pekarangan rumah serta penghias taman-taman kota. Tanaman perdu ini bisa memiliki tingi mencapai sekitar 2-7 m dan dapat hidup hingga ketinggian daratan mencapai 700 mdpl.

Tanaman bungur kecil ini memiliki cabang yang meruncing dengan cabang melengkung serta memiliki kulit batang yang berwarna cokelat dan juga bertekstur halus. Daunnya memiliki sifat tunggal dengan letak posisi yang bersilangan dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan daun dari tanaman jambu biji.

Sedangkan bunganya bergerombol, dalam satu tandah bisa ada 10-15 kuntum bunga. kelopak bunga nya menyerupai kain kusut berwarna ungu dan adapula yang memiliki kelopak berwarna pink dengan putik berwarna kuning. Tanaman ini memiliki bunga yang tak mengenal musim, jadi bunga nya akan terus hadir sepanjang tumbuhan ini hidup.

Manfaat Bungur Kecil Bagi Kesehatan

Ternyata selain untuk dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman bungur kecil juga dapat dijadikan sebagai obat herbal karena memiliki kandungan senyawa seperti dacamine, decinine, lagerinedecodine, ositosterol-3 & 3,4-trimethylellagic acid, largerstroemine serta dihydroverticillatine.

Efek farmakologis yang terkandung di dalam tanaman bungur terasebut di percaya mampu membantu mengatasi  penyakit, seperti :

  • Merangsang sirkulasi peredaran darah supaya menjadi lancar
  • Menghentikan peradangan
  • Melancarkan fungsi saluran kencing
  • Pengelat
  • Membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh
  • Mampu membantu untuk menetralkan racun
  • Membantu mengatasi sembelit.

Bagian yang dimanfaatkan untuk fungsi yang telah disebutkan ialah : Daun, kulit kayu serta akar. Semoga penjelasa diatas dapat menambah pundi-pundi ilmu Anda. Terimakasih !

Sumber : www.portalkesehatanku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *